SEMUA UNIK


widgeo.net

11 MOMEN KONTROVERSIAL PIALA DUNIA


Piala Dunia sepertinya tidak lengkap bila tidak ada momen controversial. Di Piala Dunia Brasil kali ini, Luis Suarez kembali menjadikan dirinya pusat perhatian Piala Dunia dengan menggigit bahu kiri Giorgio Chiellini.

Apa-apa saja kejadian kontroversial selama Piala Dunia hingga saat ini?

1. Tandukan Zinedine Zidane ke Marco Materazzi

Kapten Perancis Zinedine Zidane menanduk dada pemain Italia Marco Materazzi saat final Piala Dunia 2006 di Berlin. Atas tindakannya itu, wasit Horacio Elizondo menghadiahi Zidane kartu merah. Beberapa bulan kemudian, Materazzi mengaku dia telah menghina adik Zidane yang membuat Zidane bereaksi demikian.

2. Pelanggaran Carlos kepada Bruno Bellone

Striker Perancis, Bruno Bellone di langgar kiper Brasil, Carlos di pertandingan perempat final 1986. Carlos menarik badan Bellone saat posisi satu-lawan-satu. Wasit Ioan Igna menganggap tindakan tersebut bukan pelanggaran padahal jelas sekali terlihat Carlos menarik badan Bruno untuk menghentikan pergerakannya.

3. Kartu Merah Antonio Rattin

Wasit Rudolf Kreitlein mengeluarkan kapten Argentina, Antonio Rattin di tahun 1966 saat pertandingan perempat final di Wembley. Rattin menolak dikeluarkan dan tidak meninggalkan lapangan hingga pertandingan ditunda cukup lama.

4. Tumbangnya Patrick Battiston

Kiper Harald Schumacher Jerman Barat melanggar pemain Perancis, Patrick Battiston saat pertandingan semifinal di Sevilla tahun 1982. Bek tersebut harus di tandu keluar lapangan dan diberi oksigen. Anehnya, wasit Charles Corver memberikan goal-kick untuk Jerman.

5. Frank Rijkaard meludahi Rudi Voller

Gelandang Belanda, Frank Rijkaard meludahi pemain Jerman Barat, Rudi Voller setelah kedua pemain tersebut diusir dari lapangan pada menit ke-22. Kedua terlibat pertengkaran saat pertandingan 16 besar di tahun 1990.

6. Tangan Tuhan Maradona

Pemain Argentina, Diego Maradona menggunakan tangannya untuk mencetak gol saat berhadapan dengan kipper Inggris, Peter Shilton pada tahun 1986 di pertandingan perempat final, Meksiko City. Wasit tidak menemukan pelanggaran dan Maradona mengatakan kepada wartawan, dia dibantu “tangan Tuhan.”

7. Handsball Luis Suarez

Luis Suarez menahan bola yang mengarah ke gawangnya menggunakan kedua tangannya saat melawan Ghana di perempat final tahun 2010. Suarez dikeluarkan pada pertandingan tersebut dan hadiah penalty untuk Ghana. Sayangnya, Asamoah Gyan yang ditunjuk sebagai eksekutor gagal memanfaatkan peluang ini. Pertandingan berakhir adu penalty dan dimenangkan Uruguay dengan skor 4-2.

8. Pertempuran Nurenberg

Empat pemain di usir dari lapangan dan 16 kartu kuning di keluarkan, jumlah kartu yang paling banyak selama pertandingan Piala Dunia. Portugal mengalahkan Jerman pada pertandingan ini. Pertandingan Piala Dunia Jerman 2006 ini sangat kasar dan dijuluki “Battle of Nurenberg” (Pertempuran Nurenberg).

9. Tendangan Karate de Jong

Pemain Belanda, Nigel de Jong hanya diberi kartu kuning oleh wasit Howard Webb atas tendangan yang tepat mengarah dada pemain Spanyol, Xabi Alonso di Piala Dunia 2010. Tendangan tersebut terlihat parah dan komentator Guy Mowbray menyebutnya “karate kick”.

10. Cedera Rivaldo

Pada tahun 2002, pemain Brasil, Rivaldo berpura-pura cedera kepala ketika bek Turki, Hakan Unsal menendang kakinya. Unsal dikeluarkan tetapi kamera menangkap acting Rivaldo.

11. Pertempuran Santiago

Dua pemain Italia di usir dari lapangan saat pertandingan keras melawan Chile di Piala Dunia 1962. Pertandingan ini kemudian dikenal dengan nama 'Battle of Santiago' (pertempuran Santiago).

Populer